Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

UPAYA EVAKUASI HARIMAU SUMATERA DI MUARA ENIM SUMATERA SELATAN MEMBUAHKAN HASIL

23 Januari 2020, 08:29 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Tim Satgas Penanggulangan Konflik Manusia dan Satwa Liar Provinsi Sumatera Selatan melakukan patroli intensif di wilayah Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan pada Selasa (21/01/2020).

Patroli ini merupakan bentuk pemantauan rutin terhadap kamera jebak dan kotak perangkap yang telah dipasang oleh tim pada beberapa titik di lokasi tertentu. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka penanganan konflik harimau sumatera yang diduga telah keluar dari kawasan hutan lindung yang menjadi habitatnya, sehingga dilakukan penelusuran pergerakan harimau yang kemudian akan dievakuasi ke habitatnya kembali.

Berdasarkan hasil patroli tersebut, diperoleh informasi bahwa pada pukul 07.30 WIB telah ditemukan sejumlah 1 (satu) individu harimau sumatera terperangkap dalam kota perangkap yang dipasang di Desa Pelakat. Sebelumnya, pada Desa Pelakat telah terpasang sejumlah 2 (dua) kotak perangkap yang pemasangannya mempertimbangkan konsentrasi jejak harimau sumatera terpantau pada wilayah tersebut.

Berita selengkapnya

Sumber:
http://ppid.menlhk.go.id/berita_foto/browse/2160

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )