Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Dialog FORPRO: RISPRO, Alternatif Pendaanan Riset

24 Juli 2020, 14:39 WIB | Diupload oleh Admin

P3HH (BOGOR, 24 Juli 2020) “Keterbatasan anggaran tidak bisa kita jadikan alasan untuk tidak berkinerja dengan maksimal” ujar Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Dr. Agus Justianto dalam acara “DialogKiat dan Trik Perolehan Pendanaan RISPRO” yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (FORPRO) pada Jumat (24/07).

Agus menegaskan banyak alternatif dan upaya yang bisa ditempuh untuk meningkatkan anggaran riset. Salah satunya dengan penjaringan dana alternatif dari berbagai sumber yang tidak mengikat, baik dari dalam maupun luar negeri.

Di akhir sambutan, Kepala BLI berharap informasi yang diperoleh dari dialog ini dapat ditindaklanjuti dengan aksi konkrit keikutsertaan seleksi dan berhasil meraih pendanaan RISPRO berikutnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Plt Kepala P3HH, Dr. Wening Sri Wulandari. “Kita semua menyadari, bahwa kita tidak bisa hanya bergantung pada sumber DIPA, namun harus dapat kreatif dan jeli menangkap peluang sumber pendanaan alternatif”.

Wening menambahkan saat ini FORPRO berhasil mendapatkan pendanaan Rist Inovatif Produktif (RISPRO) untuk 3 kegiatan penelitian. 1 kegiatan dari RISPRO kompetisi komersial yakniTeknologi Manufaktur Arang Aktif dengan Super Heating Reaktor dan 2 kegiatan dari RISPRO Mandatory yaitu Prototype Panel Sandwitch dan Balok Komposti yang Awet, Stabil dan Tahan Api dan Teknologi Pengeringan dan Penyimpanan Simplisia Resin Jernang dan Buah Mengkudu.

Sebagai informasi Pendanaan RISPRO adalah program pendanaan riset baik kompetitif maupun inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya saing bangsa melalui komersialisasi produk/teknologi atau implementasi kebijakan/tata kelola atau publikasi. Program pendanaan ini digagas oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan diberikan kepada kelompok periset terpilih dari berbagai institusi. Saat ini ada 4 jenis pendanaan RISPRO, yaitu RISPRO Kompetisi, RISPRO Invitasi, RISPRO Kolaborasi Internasional dan RISPRO Mandatory.

Kegiatan yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom dan youtube ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Pengembangan Teknologi Industri, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Dr. Juhartono dan 3 peneliti FORPRO yang telah berhasil meraih pendana dari RISPRO yaitu Dr. Saptadi Darmawan, Dr. Karnita Yuniarti dan Dr. Jamaludin Malik. Para narasumber berbagi pengalaman, tips dan trik dalam mengkuti seleksi proposal RISPRO. Sebanyak 170 peserta yang berasal dari 47 instansi turut berpartisipasi dalam acara dialog ini.


Lampiran: 0

Profil Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )