Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

DUKUNG PENGARUSUTAMAAN GENDER, KLHK LAKSANAKAN WEBINAR PENGUATAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN RESPON

07 Agustus 2020, 09:58 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan tak lepas dari peran perempuan. Sejatinya, perempuan memiliki pemahaman kuat di sektor sumber daya alam. Oleh karena itu, KLHK mendukung kesetaraan gender baik dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan, maupun dalam pembangunan nasional secara luas.

Mendukung hal tersebut, Pokja Gender KLHK, Ditjen PHPL, Ditjen PSKL dan BLU KLHK melakukan kegiatan peningkatan kapasitas untuk implementasi dan penguatan kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan inklusi sosial, khususnya dalam perencanaan dan penganggaran. Pokja Gender KLHK bekerjasama dengan Program Kehutanan Multipihak (Multistakeholder Forestry Programme Fase ke-4/MFP4) pada kegiatan yang dilaksanakan secara virtual pada 29 Juli 2020. Kegiatan dalam bentuk webinar dan klinik konsultasi penyusunan dokumen Analisa Kesenjangan Gender - Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement – GBS atau Penyataan Anggaran Gender ini, diikuti peserta yang berasal dari 16 provinsi unit kerja Direktorat Jenderal PHPL, dan 5 wilayah kerja Ditjen PSKL dan BLU. Mereka mempresentasikan hasil kerjanya dalam bentuk dokumen GAP dan GBS.

Spesialis Gender dan Inklusi Sosial dari Universitas Sebelas Maret, Prof. Ismi Dwi Astuti sebagai narasumber sekaligus peninjau dokumen menekankan bahwa pengarusutamaan gender bukan sesuatu yang berada di luar program yang ada. Dokumen GAP dan GBS adalah alat untuk memudahkan peserta dalam mengenali kesenjangan gender dan memecahkan persoalan tersebut di dalam kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing peserta.

Berita selengkapnya..

Sumber:
http://ppid.menlhk.go.id/berita_foto/browse/2467

Profil Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )