Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

BADAN LITBANG DAN INOVASI KEMBANGKAN STRATEGI BARU AKTUALISASI IPTEK DAN INOVASI UNTUK PEMULIHAN EKONOMI

03 September 2020, 15:52 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi


P3HH (BOGOR, 1 September 2020) - Pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir sampai saat ini, telah memberikan dampak pada berbagai aspek. Tidak hanya pada kesehatan yang telah menyebabkan lebih dari 80 juta orang terinfeksi dan lebih dari 800 ribu korban jiwa, namun juga pada aspek ekonomi dan sosial. Bagaimana peran Badan Litbang dan inovasi KLHK dalam menyikapi kondisi tersebut, dikupas tuntas oleh Dr. Agus Justianto dalam keynote speech yang disampaikan dalam International Conference on Forest Products (ICFP) 2020 seri tematik 12th International Symposium of IWoRS (Indonesian Wood Research Society), yang digelar oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (FORPRO) secara virtual pada tanggal 1 September 2020.

Dalam keynote speechnya yang bertajuk “New Strategy: Actualization of Science-Technology and Innovations Applications for Economic Recovery as an Impact of COVID-19 Pandemic”, Agus menyampaikan setidaknya ada 4 hal yang dilakukan FORDA untuk berperan dalam mengatasi dampak pandemik di bidang sosial dan ekonomi yaitu aplikasi IPTEK dalam pelaksanaan kegiatan untuk mengatasi dampak COVID 19, berkontribusi secara tidak secara langsung melalui penerapan IPTEK, memberikan transfer teknologi untuk meningkatkan kapabilitas masyarakat, dan memberikan sarana teknologi untuk pengembangan usaha berkelanjutan. “FORDA telah menghasilkan banyak IPTEK antara lain dalam bidang pangan, energy, sosial, lingkungan, dan pengolahan hasil hutan. Semuanya sangat potensial untuk dapat diaplikasikan” papar Agus. Agus juga menyampaikan 5 strategi untuk mewujudkan peran tersebu diantaranya melalui pengembangan program multi usaha jangka pendek melalui aplikasi IPTEK.

“Aksi konkrit sangat diperlukan untuk membantu pemulihan ekonomi berbasis masyarakat sebagai aktor kunci”pungkasnya.

Selain Dr.Agus Justianto sebagai keynote speaker, dalam ICFP 2020 thematic series 12th International Symposium of IWoRS, juga menghadirkan 3 pembicara yaitu Prof. Kenji Umemura (Kyoto University), Prof. Nam Hun-Kim (Kangwon University), dan Dr. Jamaludin Malik (FORPRO).

Pendemic1


Lampiran: 0

Profil Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )