Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

PKTBT, PONDASI DALAM PENGEMBANGAN KARIR PNS

18 Februari 2021, 16:22 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

P3HH (Bogor 18 Februari 2020) - Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH/FORPRO) mengadakan kegiatan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2021 lingkup P3HH. PKTBT adalah kegiatan penguatan teknis melalui magang di Instansi Pemerintah tempat tugas masing-pasing. Tujuan dari kegiatan ini adalah memenuhi kompetensi teknis administrasi dan kompetensi teknis substantif pelaksanaan tugas jabatan CPNS.

Pembukaan kegiatan PKTBT dilakukan secara faktual di Ruang Cendana dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala P3HH, Dr. Wening Sri Wulandari dan diikuti oleh 4 orang CPNS lingkup P3HH, koordinator serta pembimbing PKTBT. Dalam sambutannya Wening mengatakan kegiatan ini dapat menjadi modal/bekal bagi pengembangan karir para CPNS ke depan. “Ini merupakan satu babak baru yang paling menentukan untuk menjadi dasar peletakan pondasi pengembangan karir ke depan. Apa yang perlu dikuatkan apa yang perlu dibangun menjadi modal yang sangat utama untuk kedepannya karena ketika pondasi ini tidak kuat akan atau goyah akan berpengaruh terhadap karir selanjutnya” ujar Wening.

Lebih lanjut Wening menjelaskan, sebagai CPNS terutama peneliti tidak cukup hanya bekal substansi saja tetapi juga membutuhkan bekal manajerial. “Pengetahuan untuk manajerial sangat penting karena di dalam tim peneliti nanti juga akan banyak kegiatan yang memerlukan koordinasi, bagaimana bekerja sama di dalam tim, bagaimana berinteraksi di dalam tim, bagaimana memimpin sesuatu kegiatan untuk menghasilkan output tertentu” katanya.

Selanjutnya Edy Jauhar Fauzi, SH selaku Kepala Bidang Tata Usaha, P3HH menjelaskan secara garis besar ada 2 (dua) materi dalam kegiatan ini, yaitu a. Teknis Administratif didalamnya termasuk Pengelolaan Kepegawaian, Tata Naskah Dinas, Pengelolaan Keuangan, Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN); dan b. Teknis substantif meliputi Tugas dan Fungsi Organisasi, Tugas dan Fungsi Jabatan, Pelaporan dan Paparan.

PKTBT akan dilaksanakan selama 20 hari kerja terhitung mulai tanggal 18 Pebruari 2021 sampai dengan 19 Maret 2021. Setelah mengikuti PKTBT, para CPNS akan mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) yang diadakan oleh Pusat Diklat Sumber Daya Manusia Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Pusdiklat SDM LHK) yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan April – Juli 2021.


Lampiran: 0
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profil Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )