Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

KLHK GELAR DISKUSI PUBLIK: MERAIH ASA DI TENGAH PANDEMI, MASYARAKAT SEJAHTERA, HUTAN LESTARI

30 September 2021, 01:59 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Nomor: SP. 328/HUMAS/PP/HMS.3/9/2021

Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari (Ditjen PHL) KLHK menggelar webinar diskusi publik “Jejak Tapak: Meraih Asa di Masa Pandemi, Masyarakat Sejahtera, Hutan Lestari”, di Jakarta, Selasa (28/9). Tujuan acara ini untuk memberikan kesempatan bagi para pemangku kepentingan untuk mendapatkan perspektif yang utuh tentang upaya Ditjen PHL KLHK dalam menjaga iklim usaha kehutanan di masa pandemi.

Direktur Jenderal PHL Agus Justianto menyampaikan upaya menjaga iklim usaha kehutanan dilakukan melalui perbaikan regulasi, insentif kebijakan, sampai dengan intervensi anggaran dan berbagai kegiatan. Hal ini untuk memberikan dukungan dalam menjaga produktivitas sektor kehutanan secara terpadu baik di hulu, hilir, maupun pasar, sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Prioritas utama KLHK untuk menjaga produktivitas, dan memulihkan ekonomi masyarakat dilakukan melalui konfigurasi bisnis baru, program multi usaha kehutanan. Kolaborasi bersama masyarakat dalam memanfaatkan potensi jasa lingkungan dan hasil hutan bukan kayu terus menghidupkan asa di tengah pandemi,” ujar Agus.

Hingga saat ini, KLHK terus berupaya untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat dan mempertahankan penyerapan tenaga kerja, melalui kebijakan terpadu dari hulu, hilir, hingga pasar. Upaya-upaya untuk melaksanakan prinsip-prinsip pengelolaan hutan lestari, sekaligus mendorong keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan hutan juga terus digalakkan oleh KLHK.

Pada kesempatan tersebut, Ditjen PHL KLHK juga meluncurkan buku “Jejak Tapak: Meraih Asa di Tengah Pandemi, Masyarakat Sejahtera, Hutan Lestari. Buku ini merangkum berbagai upaya yang dilakukan Ditjen PHL KLHK dalam mendorong peningkatan sektor industri kehutanan, termasuk melakukan penyederhanaan regulasi untuk investasi dan perizinan, serta melanjutkan langkah korektif terhadap pembangunan kehutanan di Indonesia.

Di samping Dirjen PHL Agus Justianto, diskusi publik ini menghadirkan narasumber yaitu Kepala Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah XI Samarinda Erwan Sudaryanto, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Nyungen Jaya Aliansyah, dan Direktur Pemberitaan Media Indonesia Gaudensius Suhardi. Turut hadir secara faktual dan virtual Sekditjen PHL Misran, para Kepala BPHP dan Kepala KPH seluruh Indonesia, serta para pihak.

_____

Jakarta, KLHK, 28 September 2021

Penanggung Jawab Berita :
Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK,
Nunu Anugrah

Website:
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Youtube:
Kementerian LHK

Facebook:
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Instagram:
kementerianlhk

Twitter:
@kementerianlhk

Sumber:
http://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/6200/klhk-gelar-diskusi-publik-meraih-asa-di-tengah-pandemi-masyarakat-sejahtera-hutan-lestari

Profil Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )