Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

HUT KE-50 KORPRI, ASN HARUS TINGKATKAN INTEGRITAS DAN SEMANGAT PELAYANAN PUBLIK

07 Desember 2021, 14:44 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

SIARAN PERS
Nomor: SP.417/HUMAS/PP/HMS.3/11/2021


Peringatan Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) diselenggarakan secara daring dan luring dari Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin, (29/11). Pada peringatan ini KORPRI diingatkan kembali tentang profesionalitas dan transformasi kerja di era digital untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di seluruh pelosok negeri.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya selaku ketua dewan pembina KORPRI meminta para Birokrat Indonesia yang merupakan anggota KORPRI untuk tetap teguh bekerja memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara di tengah ekspektasi masyarakat yang semakin tinggi dan perubahan zaman yang makin kompleks.

“KORPRI harus terus bertransformasi memperkokoh sikap melayani, menjadi abdi masyarakat, menjadi abdi negara. Anggota KORPRI harus terus berinovasi dan mengembangkan cara kerja baru yang lebih efisien. Terus beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Memberi solusi dengan cepat dan jitu, sehingga dirasakan kehadirannya oleh masyarkat, ujar Presiden Jokowi.

Presiden pun berpesan agar setiap anggota Korpri harus berada di garda terdepan dalam reformasi birokrasi, mulai dari memangkas regulasi yang menghambat pelayanan, menyederhanakan organisasi, sehingga bergerak lebih lincah dan meninggalkan sekat-sekat egosektoral, serta membuat prosedur yang rumit menjadi simpel dan membuat proses yang berjalan lambat menjadi cepat.

Dalam kesempatan tersebut, secara khusus Kepala Negara menyampaikan empat hal yang harus menjadi pedoman anggota KORPRI.

Pertama, setiap anggota KORPRI dalam berbagai jabatan, harus memiliki nilai dasar yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Pegang teguh core values aparatur sipil negara. berorientasi pelayanan akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif.

Kedua, Anggota KORPRI harus melakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan, yakni mengubah mindset cara berpikir, cara bekerja dan menghindari ketidakefisienan, kerumitan, hanya masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh satu sektor saja. Untuk itu setiap dinas, kementerian, maupun lembaga agar berkolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi, terapkan e-government untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas pelayanan.

Ketiga, Kepala Negara meminta anggota KORPRI membangun dan perkokoh integritas aparatur, menciptakan birokrasi yang lebih transparan dan akuntabel. Anggota KORPRI diminta tidak melakukan pungutan liar atau pungli yang memberatkan masyarakat. “Jangan mempersulit, mengambil pungutan liar dan memberatkan masyarakat. Bangun pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme," tutur Jokowi.

Keempat, anggota Korpri diminta memperkuat peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa serta menjaga NKRI, Pancasila, konstitusi dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sejalan dengan hal tersebut Ketua Umum KORPRI Nasional Zudan Arif Fakrulloh menyatakan persatuan para anggota KORPRI yang merupakan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan kunci kemajuan Indonesia. “Dipundak para ASN pengelolaan keuangan negara yang bernilai ribuan triliun disandarkan,” ujarnya.

Dirinya berpesan agar anggota KORPRI harus profesional dalam pengabdian dan jangan berpolitik. Junjung netralitas ASN dalam dunia perpolitikan tanah air agar para anggota KORPRI tidak dirugikan dalam karir ataupun sampau terjebak masalah hukum.

Pada Peringatan Puncak HUT KORPRI ke-50 ini juga ditetapkkan Duta KORPRI 2021, serta pemberian anugerah KORPRI Award 2021 untuk Kategori Life time achievement, Kepengurusan KORPRI dan Apresiasi kepada Mitra KORPRI.

Duta KORPRI Tahun 2021 merupakan “ASN Millenial, Smart, Aktif dan Mendukung Porgram Kegiatan KORPRI”. Selanjutnya penerima anugerah KORPRI Award Tahun 2021 Kategori Kepengurusan, adalah Dewan Pengurus KORPRI PUPR, Dewan Pengurus KORPRI TNI, Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Bangka Belitung, Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Asahan, Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Bone, Dewan Pengurus KORPRI Kota Depok. Sementara Penerima Apresiasi Mitra KORPRI 2021 adalah PT. Taspen (Persero), BPJS Kesehatan, dan Gubernur Sulawesi Tenggara.

Selanjutnya pada kategori Life Time Achievement, dianugerahkan kepada ASN, atas seluruh prestasi, inovasi dan dedikasi yang sangat menginspirasi anggota Korpri. Penerima anugerah KORPRI Award Tahun 2021 kategori Life Time Achievement adalah Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Dr. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Retno Lestari Priansari Marsudi, S.I.P., LL.M. (Menteri Luar Negeri), Drs. H. Progo Nurdjaman (Alm), dan Dr. H. Saefullah, S.Pd., M.Pd (Alm).(*)

______________________
Jakarta, KLHK, 29 November 2021

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK
Nunu Anugrah


Website:
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Youtube:
Kementerian LHK

Facebook:
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Instagram:
kementerianlhk

Twitter:
@kementerianlhk

Sumber:
http://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/6309/hut-ke-50-korpri-asn-harus-tingkatkan-integritas-dan-semangat-pelayanan-publik

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profil Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )