Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

P3E PAPUA LAKUKAN KAMPANYE PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI DERMAGA YAHIM SENTANI

14 Juni 2022, 22:02 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

SIARAN PERS
Nomor: SP. 159/HUMAS/PPIP/HMS.3/06/2022

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Wolrd Environment Day), sejumlah elemen berkolaborasi mulai dari instansi pemerintah, ormas serta komunitas di Kabupaten Jayapura, Papua melaksanakan aksi pungut sampah yang di Dermaga Yahim Sentani, Rabu (08/06/2022).

“Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya dan tahun ini merupakan perayaan 50 Tahun Konferensi Stockholm yang diadakan pada tahun 1972. Pertemuan tersebut merupakan konferensi tingkat dunia pertama yang membahas isu lingkungan,” jelas Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Papua (P3E Papua) Edward sembiring saat membuka aksi pungut sampah.

Edward lebih lanjut menyampaikan konferensi ini telah meletakkan dasar untuk pengaturan global mengenai perlindungan lingkungan. Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini kembali diperingati dengan tema yang sama seperti 50 tahun yang lalu, yaitu “Only One Earth”.

Dermaga Yahim merupakan pusat transportasi air bagi warga yang bermukim di pulau-pulau kecil sekitar Danau Sentani. Dengan meningkatnya aktivitas masyarakat di sekitar dermaga dan minimnya kesadaran masyarakat sekitar serta warga yang bermukim di pesisir danau dalam mengelola sampahnya mengakibatkan penumpukan sampah di pesisir dermaga, sehingga perlu adanya aksi nyata dalam mengelola atau menanggulangi hal tersebut. Edward mengajak seluruh lapisan masyarakat Papua untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah mereka ke Danau Sentani agar Dermaga Yahim sebagai pusat kegiatan masyarakat terpelihara dengan baik dan tidak lagi mencemari air Danau Sentani.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan edukasi pembuatan tong komposter dengan tujuan memberi pemahaman kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah organik. Pembuatan komposter ini sangat mudah dan dapat bernilai ekonomis sehingga apabila dikelola dengan baik dapat menambah penghasilan masyarakat.


_____
Jakarta, KLHK, 9 Juni 2022

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK
Nunu Anugrah

Website:
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Youtube:
Kementerian LHK

Facebook:
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Instagram:
Kementerianlhk

Twitter:
@kementerianlhk

Sumber:
http://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/6578/p3e-papua-lakukan-kampanye-pelestarian-lingkungan-hidup-di-dermaga-yahim-sentani

Profil Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )