Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 FORPRO VOLUME 3 NOMOR 1 TAHUN 2014

Pembaca yang budiman,


Pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat, menurut data statistik sampai saat ini jumlah penduduk sudah melampaui 255 juta jiwa. Jumlah penduduk sebesar ini tentunya banyak memerlukan pemenuhan kebutuhan, baik berupa sandang, pangan, kesehatan dan perumahan. Solusi dalam pemenuhan kebutuhan tersebut khususnya dari sektor kehutanan
telah banyak upaya dilakukan, seiring dengan itu terpantau semakin menurunnya penyediaan bahan baku kayu yang berasal dari hutan alam, meskipun disisi lain terdapatnya pembangunan hutan tanaman industri dan hutan rakyat. Untuk menjaga kesinambungan suplay bahan baku dan ketersediaan produk hasil hutan perlu adanya penerapan teknologi.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (PUSTEKOLAH) sebagai lembaga riset di bidang keteknikan kehutanan dan pengolahan hasil hutan senatiasa melakukan riset dengan harapan dapat menyediakan IPTEK untuk membantu industri pengolahan hasil hutan yang lebih inovatif dan meningkatkan nilai tambah hasil hutan yang lebih kompetitif.

Dalam majalah FORPRO edisi terbitan Vol. 3, no. 1 tahun 2014, kali ini disajikan beberapa informasi menarik yang diperoleh dari hasil penelitian/pengamatan, kajian, usulan maupun opini yang sekiranya perlu untuk disampaikan kehadapan para pembaca antara lain: “Serangan rayap tanah pada rumah dan tindakan pencegahannya, Selulosa mikrobial dan tempurung kelapa sebagai alternatif bahan serat, Pemanfaatan tumbuhan obat endemik asal Papua, Menyingkapi manfaat pohon kapur (Drybalanops aromatica), Beberapa istilah hasil perekatan, serta informasi tentang cuka kayu sebagai pengendali hama dan penyakit tanaman”.

Kepuasan pembaca merupakan kepuasan seluruh redaksi, berkenaan dengan itu, segala kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. Redaksi berharaf dengan terbitnya majalah ini semoga bermanfaat dan menjadi tambahan informasi dan pengetahuan bagi pembaca.

Bogor, Juni 2014
Redaksi Forpro

Unduh Lampiran

Profil Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )

XYLARIUM BOGORIENSE 1915.