Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 Rotan (Sumberdaya, Sifat dan Pengolahannya)

Informasi IPTEK tentang produk hasil hutan berupa kayu dan non kayu seperti rotan, bambu, arang, damar serta minyak atsiri terus dinantikan oleh pengguna. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya permintaan masyarakat terhadap hasil-hasil litbang baik berupa buku IPTEK, pedoman teknis maupun terbitan ilmiah lainnya.

Dalam rangka memenuhi permintaan tersebut dan untuk mendukung bangkitnya kembali industri rotan di Indonesia, Puslitbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (Pustekolah) selaku institusi ilmiah yang melayani masyarakat berupaya untuk menyediakan informasi yang diperlukan diantaranya adalah menyediakan informasi mengenai IPTEK Rotan.

Buku: “Rotan, Sumberdaya, Sifat dan Pengolahannya” karya Prof. Puslitbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (dahulu Pusat Litbang Hasil Hutan), Badan Litbang Kehutanan pada tahun 2006 dan dicetak kembali pada tahun 2008. Sehubungan masih banyaknya permintaan terhadap buku ini dan terbatasnya persediaan, maka Pustekolah memandang perlu untuk menerbitkan kembali buku ini menjadi cetakan perkembangan teknologi rotan sehingga lebih menyempurnakan cetakan.

Kami berharap dengan terbitnya buku ini akan lebih memperkaya khasanah IPTEK tentang rotan dan memperluas sasaran pengguna hasil litbang serta memberikan kontribusi bagi tumbuh dan berkembangnya kembali industri rotan yang lebih kompetitif.

Bogor,     Juni 2013

Kepala Pustekolah,

ttd

Dr. Ir. I. B. Putera Parthama, M.Sc

 

Penulis: Osly & Jasni

 

Selengkapnya silahkan unduh lampiran di bawah ini :

Unduh Lampiran

Profil Peneliti

Statistik