Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 FORPRO VOLUME 4 NOMOR 1 TAHUN 2015

Pembaca yang budiman,

Teknologi tercipta agar dapat memberikan kemudahan, kecepatan sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi di dalam setiap melakukan kegiatan usaha. Setiap teknologi yang diraih oleh suatu institusi/ lembaga merupakan identifikasi capaian kemajuan ilmu dari suatu institusi/ lembaga itu sendiri. Banyak teknologi hasil penelitian di Indonesia telah dimanfaatkan. Teknologi hasil penelitian bidang kehutanan yang berbasis pada sumber daya hutan kayu dan hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang diperoleh seperti : karbon, bahan bakar nabati, kulit, umbut, getah, daun, bunga, hama, hewan, dll.

Upaya untuk meningkatkan nilai tambah dan manfaat sumber daya hutan perlu adanya penerapan teknologi pengolahan yang baik. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan yang merupakan salah satu lembaga riset bidang kehutanan di bawah Badan Litbang Inovasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan senantiasa mencari inovasi dan solusi untuk peningkatan nilai tambah sumber daya hutan tersebut, dengan melakukan berbagai kegiatan percobaan penelitian, pengkajian dan perekayasaan alat.

Penyampaian Informasi hasil penelitian, pengkajian dan perekayasaan kepada pengguna dituangkan dalam majalah ilmiah populer FORPRO. pada FORPRO Vol 4 No. 1 Edisi Juni 2015 memuat artikel: “ Pengaruh Teknik Silvikultur terhadap Kualitas Kayu, Strategi Pengembangan Usaha Komoditas Minyak Atsiri, Pengkaratan Logam pada Kayu: Suatu Tinjauan Pustaka, Pemanfaatan Material Karbon dari Sektor Kehutanan, Traktor sebagai Alat Bantu Kegiatan Pengelolaan Hutan”.

Semoga artikel-artikel yang disampaikan pada edisi terbitan kali ini dapat menambah informasi berharga dan bermanfaat sebagaimana yang diperlukan pembaca.

 

Bogor,

Juni 2015
Redaksi Forpro

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )