Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 FORPRO VOLUME 6 NOMOR 1 TAHUN 2017

SALAM INOVASI!

 

 

Forpro kembali hadir ditengah-tengah pembaca, menyajikan berbagai informasi menarik seputar pengolahan hasil hutan. Informasi yang disajikan dikemas dengan sederhana dan praktis. Hal ini merupakan salah satu upaya Puslitbang Hasil Hutan dalam mendiseminasikan dan memperluas jangkauan informasi yang telah dihasilkan agar dapat dinikmati oleh semua kalangan. 

Edisi kali ini mengangkat fokus utama tentang alat bantu pengunduh buah dengan metode rangka susun. Alat tersebut merupakan hasil karya inovasi peneliti P3HH yang tergerak untuk memudahkan pengambilan bauh dan biji serta memperkecil tingkat kerusakan sumber penghasil buah yang masih sering dilakukan secara konvensional dengan cara memotong dahan. Fokus lainnya adalah tentang optimalisasi PNBP sektor kehutanan melalui inovasi pemungutan, dan Hutan Bambu Rakyat dan pemanfaatannya. Dua fokus ini dapat menjadikan salah satu referensi pembaca tentang pengelolaan hutan dan pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang mulai dilirik sebagai sumber pendapatan yang prospektif Kolom Khasanah hadir untuk menambah wawasan pembaca tentang lingkungan yaitu tentang pelet kayu sebagai salah satu terpadu dari hasil pengolahan sampah organik. Gitar merupakan alat musik yang sangat populer dan pada umumnya badan gitar terbuat dari kayu. Forpro menyajikan review ata jenis-jenis kayu yang cocok untuk komponen gitar akustik. 

Mulai edisi ini, Forpro menampilkan rubik baru yaitu Fotografi. Rubik ini muncul untuk memberikan kesempatan kepada penulis menampilkan hasil bidikan kamera yang menarik dan ekslusif, agar dapat memberikan informasi dari perspektif yang berbeda.

 

Selamat membaca!

 

Bogor,  Juni 2017

Redaksi Forpro

Unduh Lampiran
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )