Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

 FORPRO VOLUME 9 NOMOR 1 TAHUN 2020

Salam FORPRO!

Fokus utama edisi kali ini mengenai “kayu baru” hasil modifikasi kayu jabon putih. Jabon digunakan antara lain untuk untuk konstruksi ringan, kayu lapis, papan laminasi, papan blok, papan serat, papan partikel dan pulp. Kayu jabon hasil modifikasi melalui impregnasi lahir sebagai kayu baru yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan kayu aslinya.

Rubrik review mengulas glukomanan dari hutan yang berasal dari tanaman porang. Porang merupakan alternatif bahan baku produk glukomanan yang selama ini baru dikenal konyaku dan shirataki dari Jepang. Review lainnya mengenai rebung bambu. Teknik pemanenan batang bambu merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap regenerasi rebung. Rebung merupakan bahan makanan potensial yang perlu dijamin ketersediannya secara berkelanjutan. 

Khazanah IPTEK memberikan sajian untuk membuka cakrawala pengetahuan kita tentang penanaman bibit tanaman hutan dengan alat semi mekanis. Dengan alat ini, penanaman di lahan kering menjadi lebih mudah dan menjadi solusi keterbatasan tenaga kerja.

Alih teknologi penerapan alat ukur diameter pohon dan alat deteksi pohon gerowong di IUPHHKHA  PT Kayu Tribuana Rama (PT. KTR) Provinsi Kalimantan Tengah dan di PT. Wijaya Sentosa (PT. WS) Provinsi Papua Barat menorehkan catatan  menarik tentang kemanfaatan aplikasi IPTEK hasil litbang dalam mengatasi permasalahan di lapangan. 

Kolom fotografi kali ini memanjakan indera penglihatan kita dengan hasil bidikan kamera pada penanaman bibit tanaman hutan secara semi mekanis, rebung bambu, umbi porang, glukomanan porang dan tegakan kayu jabon.

Selamat membaca…!

Unduh Lampiran

Profil Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )