Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Prof. Dr. Drs. Djarwanto, M.Si.
Email : djarwanto2006@yahoo.com
Jabatan : Peneliti Ahli Utama
Bidang Kepakaran : Ilmu Kayu dan Teknologi Hasil Hutan
Publikasi

 

Mulai bekerja sebagai honorer  tahun 1979 di Puslitbang Hasil Hutan Bogor. CPNS sejak tahun 1980. Pada tahun 1981 diangkat menjadi PNS. Pada tahun 1992 – sekarang menjadi peneliti di Bidang Pengolahan Hasil Hutan, dengan subyek penelitian Bidang Pengawetan Kayu. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Utama.

Gelas Sarjana dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan, Bogor diperoleh tahun 1990 dan memperoleh gelar Magister Biologi dari Universitas Indonesia pada tahun 1996. Pada saat ini sedang menyelesaikan pendidikan S3 (Doktor) sejak 2007 di Ehime University Japan di Bidang Applied Bioscience melalui Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) - Ronpaku Program

Penelitian yang dilakukan sejak 1992 yaitu bidang teknologi hasil hutan dengan keahlian pengolahan hasil hutan dalam penelitian bidang pengawetan kayu, antara penelitian efikasi pestisida, pengawetan kayu dan rotan, jamur perusak kayu, jamur pangan dan obat, dan bioremediasi hutan.

Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 80 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/bulletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding baik nasional maupun internasional.

Profil Peneliti

Statistik