Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Deazy Rachmi Trisatya, S.Hut., M.Env.Sc.
Email : drtrisatya@gmail.com
Jabatan : Calon Peneliti
Bidang Kepakaran : Pengolahan Hasil Hutan Kayu dan Bukan Kayu
Publikasi

Mulai bekerja pada tahun 2003 di Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah VI Manado sebagai Calon Pengendali Ekosistem Hutan dan diangkat sebagai Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama pada tahun 2006. Pada tahun 2008 mutasi ke Pusat Wilayah Pengelolaan Hutan. Selama bertugas di Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan pernah diperbantukan sebagai secondee pada proyek hibah World Bank (Proyek Persiapan Forest Investment Program II). Pada November 2017, mutasi ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan Bogor dengan minat bidang penelitian Pemanfaatan Hasil Hutan. Jabatan fungsional saat ini adalah sebagai Calon Peneliti.

Gelar Sarjana Kehutanan diperoleh dari Universitas Lampung pada tahun 2003 dengan judul skripsi “Studi Potens Produksi Nektar Kaliandra Bunga Merah (Calliandra calothyrsus Meissn.) sebagai Pakan Lebah Madu (Apis cerana Fabr.) Di Desa Selapan Kecamatan Pardasuka Kabupaten Tanggamus”. Pada tahun 2008 memperoleh gelar Master of Environmental Science dari Fenner School of Environment and Society, the Australian National University. Judul tesis ”The Application of Revised Universal Soil Loss Equation (RUSLE) with Geographical Information System (GIS) Techniques and Landscape Function Analysis to the Soil Erosion Management on the South Coast of the New South Wales (NSW)”.

Penelitian yang dilakukan sejak 2017 yaitu di bidang pemanfaatan hasil hutan antara lain sifat dasar kayu dan produk majemuk yang berhubungan dengan peningkatan mutu dan kualitas kayu untuk penggunaan tertentu.

Penghargaan dan beasiswa di antaranya Toyota Astra Foundation Scholarship (2002), lulusan terbaik tingkat Fakultas Pertanian dan tingkat Universitas Lampung (2003), Australian Development Scholarship awardee (2003).

Organisasi yang diikuti antara lain Persatuan Sarjana Kehutanan Indonesia (PERSAKI), Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo), JSPS Alumni Association of Indonesia (JAAI).

Profil Peneliti

Statistik