Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Drs. Achmad Supriadi, MM
Email : 19supriadi20@gmail.com
Jabatan : Peneliti Ahli Utama
Bidang Kepakaran : Ilmu Kayu dan Teknologi Hasil Hutan
Publikasi
Mulai bekerja di Pusat Litbang Kehutanan (Badan Litbang Pertanian) sebagai CPNS sejak tahun 1982. Pada tahun 1997 – sekarang menjadi peneliti di bidang Pengolahan Hasil Hutan dengan subyek penelitian utama teknologi pengolahan kayu dan bahan berlignoselulosa lainnya. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional Peneliti sebagai Peneliti Madya.
 
Gelar Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi di Universitas Pakuan Bogor, pada tahun 1988, dan meraih gelar Master Manajemen pada tahun 1995 di Universitas Gajah Mada  
 
Penelitian yang dilakukan sejak 1997 yaitu bidang teknologi hasil hutan dengan keahlian pengolahan hasil hutan dalam penelitian bidang teknologi pengolahan kayu dan bahan berlignoselulosa lainnya antara lain penelitian pengupasan dan pemolesan rotan dalam keadaan basah dan kering, penerapan program simulasi komputer pada penggergajian empat jenis kayu Hutan Tanaman Industri, sifat kayu dari hutan rawa, karakteristik dolok dan sifat kayu sawit, dampak perdagangan kayu rakyat terhadap konstruksi, pengaruh kadar perekat terhadap sifat papan partikel tandan sawit, kualitas pelengkungan kayu asam jawa, kibawang dan balobo dengan praperlakuan pengukusan.
 
Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain: CE-Marking. Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 50 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak dan prosiding nasional.

Profil Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )